Kochimuitte


^-^v

Minggu, 12 Desember 2010

(iseng) Tips Cerdas Bergaul

Sebenernya saya ga tau, masih adakah orang yang membutuhkan tips-tips seperti ini. Tapi ya sudahlah,daripada ga mending ditulais aja sapa tau aja emang ada yang butuh...hehe...
Saya dapet tips ini dari salah satu majalah...
1. Jadilah orang yang pandai MENDENGARKAN, bukan pandai bicara.

Saat bicara, orang paling sering mengatakan kata 'aku'. Itu artinya manusia punya ego yang besar, selalu ingin menonjolkan dirinya. Jadi kalau bicara dengan orang lain, cukuplah memakai dua kata, 'apa' dan 'kenapa'. Dijamin lawan bicara kita akan ngomong panjang lebar dan kita cukup jadi pendengar cerdas saja. Jadilah pendengar yang antusias dengan ekspresi wajah atau ungkapan yang antusias juga.

(Hmm...jadi inget iklan salah satu asuransi...always listening always understanding...hehe...
Tapi, saya setuju dengan pernyataan bahwa kita harus jadi pendengar cerdas. Kenapa?
Karena, seperti yang pernah dikatakan oleh guru sekolah saya dulu, kita diberikan dua telinga dan satu mulut agar kita lebih banyak mendengarkan daripada berbicara. Apalagi mulutmu, harimaumu kan? hehe)

2. Berikan sedikit pujian pada lawan bicara.

Kata kuncinya sederhana saja, kalau wanita suka dipuji hal-hal yang berkaitan dengan aksesoris. Kalau laki-laki suka dipuji dengan hal-hal yang berkaitan dengan anggota badan. Tapi ingat, sedikit saja pujiannya, jangan berlebihan.

(Kalau buat saya, aneh ya muji-muji orang, bukannya saya ga pernah muji orang. Kita ga perlu memuji tiap lawan bicara kita deh kayaknya. Tapi, kalo sesekali bolehlah...sesekali loh ya!! Ga perlu sering-sering, biar ga memicu kesombongan...)

3. Bicarakan apa yang dia suka, bukan apa yang aku suka.


Kamu suka jeruk dan kamu juga suka ikan. Tapi kamu tidak bisa memberikan jeruk pada ikan karena ikan sukanya cacing. Walaupun kamu tidak suka cacing, berikan cacing pada ikan biar ikannya suka sama kamu.

(Saya kira '....berikan cacing pada lawan bicaramu...' lanjutannya hehe...
Analogi yang aneh. Tapi saya kurang setuju, ga selalu harus membicarakan yang dia suka kan? Sesekali kita juga boleh membicarakan yang kita suka, cuma sekedar sharing aja. Kalau ternyata lawan bicara kita ga suka apa yang kita bicarakan...dan mulai menjengkelkan, karena terus menerus membicarakan segala hal tentang dirinya....kamu boleh kok langsung hengkang, tapi jangan lupa pamit dulu ya, biar sopan hehe...)

Agak aneh sih baca tips itu. Yang saya rekomendasikan adalah poin pertama (yang kedua & ketiga kalo mau dicoba juga ga papa sih, tapi ga saya rekomendasikan pada sahabat anda, bisa-bisa dia melayang gara-gara kege-eran haha). Jadi pendengar yang baik. Percaya deh, it works!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar